Perjanjian Proyek KPBU SPAM Regional Jatiluhur I Akhirnya Ditandatangani, Tirta Jabar Ambil Bagian dalam Proyek SPAM Rp 1,7 T

Jakarta, 19 Februari 2021

Penandatanganan Perjanjian Proyek Sistem Penyediaan Air Minum (“SPAM”) Regional Jatiluhur I akhirnya resmi dilaksanakan pada Jum’at, 19 Februari 2021 bertempat di Auditorium Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Sesi penandatanganan Perjanjian ini terdiri dari penandatangan Perjanjian Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (“KPBU”) yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan Direktur Keuangan dan Direktur Operasi PT Wika Tirta Jaya Jatiluhur sebagai badan usaha pemenang lelang. Selanjutnya, Perjanjian Penjaminan ditandatangani oleh Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) (“PT PII”) dengan Direktur Keuangan dan Direktur Operasi PT Wika Tirta Tirta Jaya Jatiluhur. Hal tersebut kemudian dilanjutkan dengan Perjanjian Regres antara Menteri PUPR dengan Direktur Utama PT PII terkait dengan penjaminan dalam proyek KPBU SPAM Regional Jatiluhur I. Selain dihadiri langsung oleh Menteri PUPR selaku Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK), penandatanganan juga turut disaksikan oleh beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju secara online, diantaranya yaitu Menteri Keuangan dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

 

Proyek KPBU SPAM Regional Jatiluhur I merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 109 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional. Proyek dengan kapasitas 4.750 liter/detik ini akan melayani wilayah DKI Jakarta 4.000 liter/detik, Kota Bekasi 300 liter/detik, Kabupaten Bekasi 100 liter/detik, dan Kabupaten Karawang 350 liter/detik dengan nilai investasi sebesar Rp 1,7 Triliun. Masa konsesi proyek ini yaitu selama 30 tahun termasuk masa kontruksi selama 2,5 tahun. Proyek ini merupakan Proyek KPBU atas pemrakarsa badan usaha (unsolicited).

 

PT Tirta Gemah Ripah (“Tirta Jabar”) sebagai BUMD Provinsi Jawa Barat, turut serta dalam pembentukan PT Wika Tirta Jaya Jatiluhur yang merupakan usaha patungan Proyek KPBU SPAM Regional Jatiluhur I bersama dengan PT Wijaya Karya (Persero) (“WIKA”) Tbk dan PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk (“JKON”). Pembentukan usaha patungan tersebut dilaksanakan pada 15 Januari 2021 dengan komposisi kepemilikan saham Tirta Jabar sebesar 10 persen. Sebelumnya, konsorsium yang digawangi WIKA, JKON, dan Tirta Jabar resmi ditetapkan sebagai pemenang lelang Proyek KPBU SPAM Regional Jatiluhur I berdasarkan Surat Menteri PUPR Nomor: PB.02.01/Mn/2335 Perihal: Penetapan Pemenang Pada Pelelangan Proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Sistem Penyediaan Air Minum Regional Jatiliuhur I pada tanggal 20 November 2020.

 

Direktur Utama Tirta Jabar, Asep Winara menyatakan bahwa:

“Proyek KPBU SPAM Regional Jatiluhur I merupakan Proyek PSN pertama Tirta Jabar. Hal ini menjadi semangat bagi Tirta Jabar untuk meningkatkan akses air bersih di wilayah Provinsi Jawa Barat. Selain itu juga ini membuktikan bahwa BUMD Jabar mampu berkontribusi di kancah nasional”

 

Dengan hal tersebut diharapkan Tirta Jabar dapat menjadi BUMD Juara sesuai arahan Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat.