PERESMIAN SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM (SPAM) REGIONAL METROPOLITAN BANDUNG RAYA WILAYAH SELATAN TAHAP 1

 

Pada Kamis, 10 Januari 2019, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Bandung Raya Wilayah Selatan Tahap I, di Desa Sukamaju, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung.

Peresmian ini turut disaksikan oleh Bambang Sudiatmo (Kepala BPPSPAM), Dicky Saromi  (Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Barat), Dadang M. Nasser  (Bupati Kabupaten Bandung), Muliana Saleh (Komisaris PT Tirta Gemah Ripah (Tirta Jabar)), Muhammad Amir Hamzah  (Kepala PUSATAB Dirjen SDA Kementerian PUPR), Sonny Salimi (Direktur Utama PDAM Tirtawening Kota Bandung), dan Rudie Kusmayadi (Direktur Utama PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung).

SPAM Regional Bandung Raya Wilayah Selatan memiliki kapasitas 700 liter /detik, yang akan dibagi menjadi 2 tahap yaitu saat ini (Tahap I)  akan menyuplai air sebesar 350 liter/detik dan akan  memenuhi kebutuhan 35.000 sambungan rumah di wilayah Kota Bandung wilayah Selatan dan Kabupaten Bandung. SPAM ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Tirta Gemah Ripah (Tirta Jabar), yang akan mulai beroperasi pada Februari 2019. Nantinya air yang dikelola akan dibeli oleh dua PDAM yaitu PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung dan PDAM Tirtawening Kota Bandung untuk dapat dialiri ke masyarakat. Kedepannya di Tahap II SPAM ini akan memaksimalkan kapasitasnya untuk dapat meningkatkan pelayanan supply air khususnya di wilayah Bandung lain seperti Bandung Timur dan Bandung Barat.

Pada peresmian tersebut, Bapak Gubernur Jawa Barat menyampaikan bahwa SPAM Regional Bandung Raya Wilayah Selatan ini dikelola dan dijalankan menggunakan teknologi baru yang canggih dalam pengelolaan air baku di Indonesia yaitu pengelolaan indoor, full computerize yang secara otomatis sistem dikendalikan melalui satu ruang control yang disebut dengan SCADA, keseluruhan sistem ini disebut juga sebagai green water treatment plant (Green WTP) untuk meminimalisir penggunaan energi berlebih.

Dengan diresmikannya SPAM Regional Bandung Raya Wilayah Selatan ini, dapat dijadikan contoh untuk pengelolaan SPAM lain di Indonesia dan tentunya untuk membantu mengatasi permasalahan-permasalahan terkait supply air minum khususnya di Provinsi Jawa Barat.